Wednesday 25 June 2014

Review ACER ASPIRE 4741Z

Beberapa waktu ini saya  sering pergi ke tempat IT untuk mencari notebook buat keluarga saya. sambil melihat-lihat ternyata beruntung juga dulu aku

ceritanya begini, jika melihat-lihat harga notebook sekarang sepertinya harganya tak berbeda jauh tetapi spek laptopnya yang berkurang. 3 tahun lalu, sekitar bulan juli 2010 saya membeli laptop pertama yang menjadi kesayangan satu-satunya. hahaha



ini spesifikasinya

Prosesor: Intel Pentium P6000 (2 core, 2 thread @1.87 GHz, L3 cache 3 MB)
Memori: 2 GB DDR3
Harddisk: 320 GB
VGA: Intel HD graphics
LCD: 14” Inch, LED LCD with Acer CineCrystal
Resolusi LCD: 1366 x 768 piksel
Jumlah USB port: 3
HDMI port: ya
Konektivitas: Wi-Fi, LAN, Bluetooth 3.0, VGA Port, HDMI Port. 3,5mm audio Jack, built-in microphone
Webcam: 1,3 MP
Card reader: 5-in-1
Optical Drive: DVD-RW Super Multi Double Layer Drive
Baterai: 6 Cell Li-ion

yang membuat saya cukup bangga adalah meskipun memakai intel pentium seri P6000. tapi kinerjanya melebihi prosessor yang memiliki clockspeed setara. kenapa?? karena prosessor ini merupakan arsitektur baru yang sebenarnya masih sekeluarga dengan keluarga Core i3, serta sudah memiliki L3 cache sebesar 3MB yang membuat kinerja antar prosessor semakin cepat.
hal yang menurut saya membedakan dengan Intel Core i3 adalah fungsi yg terkenal pada i3, yakni Hyper-threading. fungsi ini memungkinkan 1 buah CPU mengelola thread / atau mengeksekusi fungsi yang lebih banyak. itulah kenapa Intel Core i3 sama-sama mempunyai 2 core tetapi jika dilihat di windows mempunyai 4 thread pada task manager. prosesor ini pun mendukung OS berarsitektur 64bit.

Intel HD Graphics dengan 128MB dedicated memory juga sudah cukup bagi saya yang tidak terlalu banyak memasang game besar. VGA ini cukup mumpuni dengan dibuktikan waktu saya memutar film kualitas HD (1920x1080) tanpa menjadi lambat

selama ini saya tidak ada masalah berarti dalam menggunakan laptop ini, yah dengan harga berkisar 4 jutaan sewaktu saya membelinya saya sudah mendapat Windows 7 Home basic. jika dibandingkan dengan harga windows asli sewaktu itu ini sudah cukup menghemat budget saya. tentunya dalam windows itu sudah disediakan pre-installed aplikasi seperti :

  • Productivity
    • Acer Backup Manager
    • Acer ePower Management
    • Acer eRecovery Management
    • Microsoft® Office Personal 2007 (Service Pack 2)
      • Microsoft® Works
    • Adobe® Flash® Player 10
    • Adobe® Reader® 9.1
    • eSobi™
    • Google Toolbar™
    • Norton™ Online Backup
  • Security
    • McAfee® Internet Security Suite Trial
    • MyWinLocker®
  • Multimedia
    • Cyberlink® PowerDVD™ • NTI Media Maker™
  • Gaming
    • Oberon GameZone
    • WildTangent®
  • Communication and ISP
    • Acer Crystal Eye
    • Microsoft® Silverlight™
    • Skype™
    • Windows Live™ Essentials — Wave 3.2 (Mail, Photo Gallery, Live™ Messenger, Movie Maker, Writer)
  • Web links and utilities
    • Acer Accessory Store
    • Acer Assist
    • Acer Identity Card
    • Acer Registration
    • Acer Updater
 Catatan : Windows yang terinstal sebenarnya berupa Windows 7 Home Basic versi 64-bit. artinya itu memudahkan kita jika menambah slot RAM yang bisa mencapai 8 GB (maksimal 4GB @slot DDR3)


satu-satunya kekurangan yang sampai sekarang saya alami hanyalah masalah baterai yang mungkin kurang mumpuni, dengan mode balance hanya cukup sekitar 2 jam tanpa membuka aplikasi yang berat.
silahkan bertanya, mungkin ada beberapa hal yang berbeda dengan notebook lain tentang spesifikasinya atau aplikasinya

No comments:

Post a Comment